Viral Video Tol Becakayu Ambles, PUPR: Tidak Benar, Itu Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Viral Video Tol Becakayu Ambles, PUPR: Tidak Benar, Itu Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Published June 14, 2022
Views 29
Viral Video Tol Becakayu Ambles

Viral Video Tol Becakayu Ambles

Beredar video di WhatsApp Group (WAG) yang menggambarkan kondisi jalan layang diduga Tol Becakayu yang “ambles” sehingga tidak bisa dilewati mobil jenis tertentu, hanya bisa dilewati motor.

Dalam video berdurasi 26 detik yang beredar, tergambar kondisi jalan layang hanya berjarak setinggi orang dewasa dengan jalan di bawahnya. Terlihat motor masih bisa melewati “underpass” tersebut.

Sementara pria yang mem-video-kan berkata sebagai berikut,” Turun ya ini dah proses ni, sementara ni, mobil Innova yang terbaru tidak bisa lewat tapi kalau Avanza masih bisa. Tadi udah dicoba Innova gak bisa masuk ya,” ujar pengunggah video, tanpa menyebutkan lokasi kejadian.

Lantaran tak ada keterangan lokasi, beredar kabar jika unggahan tersebut merupakan gambar kondisi Tol Becakayu yang ambles.

Kompas.com mencoba mencari keterangan soal unggahan video tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), agar tidak jadi hoaks yang menyebar di masyarakat.

Proyek KCIC, bukan PUPR

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan yang dihubungi langsung Kompas.com menyebut unggahan tentang jalan Tol Becakayu ambles yang beredar di media sosial tidak benar.

Baca Juga :  Woww! Hotman Paris Memilih Biya Pink Pink Untuk Jadi Asprinya Yang ke-48, Netizen: Setujuuu Bang

Ia mengatakan, video tersebut bukan jalan tol ambles, melainkan sedang dilakukan pemasangan grider box untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Dengan demikian, pengerjaan konstruksi tersebut milik KCIC dan bukan proyek Kementerian PUPR secara langsung.

“Bukan (ambles). Lokasi di Jembatan Antilope, Bekasi di atas adalah grider KCJB,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Dia menjelaskan, KCIC telah sepakat dengan Pemerintah Kota Bekasi untuk menutup jembatan atau overpass tersebut dan diganti dengan lokasi baru yang sedang dibangun.

Adapun jembatan yang baru tersebut akan selesai dibangun pada Agustus mendatang.

“Selama proses pembangunan overpass yang baru, warga tetap minta (overpass lama) bisa difungsikan,” jelasnya.

Tetap bisa dilalui kendaraan tertentu

Oleh karenanya, lalu lintas di Jembatan Antilope tersebut tetap berjalan seperti biasa. Dalam video yang beredar di media sosial pun sejumlah kendaraan tetap berlalu-lalang.

Namun ada pembatasan ketinggian kendaraan maksimal 1,7 meter. Artinya, hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati jalan tersebut.

Baca Selengkapnya : KOMPAS

Baca Juga :  Viral! Lindas Makanan saat Warga Tahlilan, Pengendara Motor Ternyata Mahasiswa Mabuk