3 Cara Cek Apakah Kita Penerima BSU Tahap 2, Bisa Lewat HP

3 Cara Cek Apakah Kita Penerima BSU Tahap 2, Bisa Lewat HP

Published September 22, 2022
Views 57

Suara.com – Pemerintah telah menyalurkan BSU 2022 tahap 2 kepada 1,6 juta pekerja. Untuk mengetahui apakah Anda menerima BSU tahap 2 atau tidak, Anda bisa memeriksanya dengan mengetahui cara cek penerima BSU tahap 2 yang bisa dilakukan lewat HP.

BSU atau BLT subsidi gaji diberikan kepada para pekerja yang memenuhi persyaratan sesusai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Salah satu syarat utama agar bisa menerima BSU adalah pekerja merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga bulan Juli 2022. Sayangnya, pekerja tidak bisa melakukan pendaftaran secara mandiri agar bisa mendapatkan BSU.

Pendaftaran BSU hanya bisa dilakukan oleh perusahaan, atau lebih tepatnya HRD yang langsung menyerahkan dokumen persyaratan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Cara Cek Status Penerima BSU Tahap 2, Namamu Terdaftar Dapat Rp 600 Ribu atau Tidak?

Lantas, bagaimana cara cek apakah kita penerima BSU tahap 2 lewat HP? Sangat mudah, Anda bisa mengikuti panduannya di bawah ini.

Cara Cek Penerima BSU Tahap 2 Lewat HP

Baca Juga :  Subsidi Upah Tahap 2 Segera Cair, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

1. Situs Kemnaker.go.id

Anda bisa memeriksa apakah Anda penerima BSU tahap 2 lewat situs Kemnaker.go.id. Situs ini bisa Anda akses melalui browser di HP yang Anda miliki. Berikut ini cara ceknya.

Data-data yang diterima Kemnaker akan dilakukan verifikasi ulang. Jika data yang didapatkan benar-benar memenuhi syarat, maka status Anda akan ditetapkan sebagai penerima BSU.

Baca Juga: Lupa Bawa Kartu ATM BCA? Begini Cara Tarik Tunainya di ATM

2. Situs Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Selain lewat situs Kemnaker, Anda juga bisa memeriksa status penerima BSU tahap 2 lewat situs BPJS Ketenagakerjaan. Berikut cara memeriksanya:

3. Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)

Selain melalui dua situs di atas, Anda juga bisa cek penerima BSU tahap 2 melalui aplikasi besutan BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jamsostek Mobile atau JMO.

Penyaluran BSU / BLT BBM subsidi gaji Rp 600 ribu akan diprioritaskan untuk para pekerja yang menggunakan rekening Bank Himbara (BNI, Mandiri, BTN, dan BRI). Dalam proses pencairanya, Kemenker juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk penyalur BSU 2022 sehingga bantuan tersebut bisa diambil melalui Kantor Pos.

Baca Juga :  Cara Mencairkan BLT atau BSU Tahap 2 di Kantor Pos, Bawa Berkas Ini

Demikian cara cek apakah kita penerima BSU tahap 2 lewat HP. Semoga bermanfaat!