EA Umumkan Kehadiran Ted Lasso dan AFC Richmond di FIFA 23

EA Umumkan Kehadiran Ted Lasso dan AFC Richmond di FIFA 23

Published September 22, 2022
Views 55

22 Sep 2022, 11:41 WIBDiperbarui 22 Sep 2022, 11:42 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Kabar mengejutkan datang untuk para fans game FIFA dan serial orisinal Apple TV Ted Lasso. Sebab, EA telah mengumumkan Ted Lasso bersama AFC Richmond akan menjadi bagian dalam FIFA 23.

Dikutip dari situs resmi IGN, Kamis (22/9/2022), karakter Ted Lasso yang diperankan Jason Sudeikis bisa dimainkan sebagai manager di Career Mode. Sementara AFC Richmond tersedia untuk Career Mode, Kickoff, Online Friendlies, dan Online Seasons.

Menurut EA, konten terkait AFC Richmond akan hadir di FIFA 23 termasuk di antaranya seragam, tifo (pendukung tim), hingga item manager. Beberapa konten juga tersedia untuk di-unlock dalam FIFA Ultimate Team dan Pro Clubs.

Kendati demikian, AFC Richmond tidak bisa diakses melalui menu Premier League di mode Kickoff, Online Friendlies, maupun Online Seasons. Klub ini tersedia di bagian klub Rest of the World.

EA memastikan sejumlah karakter populer dari serial Ted Lasso, seperti Roy Kent, Jamie Tartt, Sam Obisanya, hingga Dani Rojas akan menjadi bagian dari klub AFC Richmond. Begitu juga dengan stadion kandang klub ini, yakni Nelson Road.

“Saya benar-benar beruntung, dan sangat bersyukur memiliki banyak momen spesial dalam karir saya sejauh ini, dan saya menganggap pengalaman ini merupakan salah satu yang terbaik,” tutur Jason dalam pernyataannya.

Jason menuturkan sebagai fans game FIFA sejak lama, hadirnya Ted Lasso dan AFC Richmond dalam game tersebut menjadi mimpi menjadi kenyataan. Tidak hanya bagi dirinya, tapi juga seluruh kru dan pemain.

Bersama dengan pengumuman ini, EA juga merilis trailer mengenai kehadiran Ted Lasso dan AFC Richmond dalam game FIFA 23. Yang menarik, trailer itu turut menampilkan Wayne Rooney, Jack Grealish, termasuk karakter di serialnya, seperti Roy Kent dan jurnalis Trent Crimm.

Dua layanan streaming video yang ditunggu-tunggu November ini akhirnya tersedia bagi konsumen AS, Apple TV Plus dan Disney Plus. Kedua layanan ini tergolong terlambat masuk ke pasaran. Tapi analis memperkirakan penguasaan konten, khususnya oleh Disne…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Perlu diketahui, Ted Lasso merupakan serial komedi-drama orisinal dari Apple TV yang rilis pada Agustus 2022. Serial ini menceritakan tentang kisah seorang pelatih American Football Ted Lasso yang harus pindah haluan menjadi pelatih klub sepak bola di Inggris.

Diceritakan, ia menangani sebuah klub fiksi asal London bernama AFC Richmond. Dengan segala keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya mengenai sepak bola, Ted pun berusaha menunjukkan pada publik ia bisa melakukannya.

Serial ini diperankan oleh Jason Sudeikis sebagai Ted Lasso, Brett Goldstein sebagai Roy Kent, hingga Juno Temple sebagai Keeley Jones. Serial ini kian menarik karena menggambarkan situasi Liga Inggris sebagai latar belakangnya.

Sejak musim pertama, Ted Lasso berhasil mendapatkan respons positif dari publik. Hal itu terbukti dengan 20 nominasi yang diterimanya pada Primetime Emmy Awards.

Lalu di tahun ini, Ted Lasso berhasil menjadi pemenang Primetime Emmy Awards untuk kategori Serial Komedi Terbaik. Sementara Jason Sudeikis mendapatkan pemenang Aktor Terbaik di Serial Komedi, dan Brett Goldstein menjadi Aktor Pemenang Terbaik di Serial Komedi.

Advertisement

Di sisi lain, Electronic Arts (EA) mengumumkan judul teranyar sekaligus terakhir dari seri game sepak bola FIFA mereka yaitu FIFA 23, bakal dirilis di penghujung September 2022 mendatang.

Seperti diketahui sebelumnya, FIFA 23 akan jadi game terakhir dari seri sepak bola EA yang menggunakan embel-embel “FIFA”, setelah perusahaan dan FIFA tidak mencapai kesepakatan terkait finansial dan eksklusivitas.

Meski begitu, EA masih akan memegang lisensi untuk lebih dari 300 mitra sepak bola, serta perjanjian eksklusif untuk Premier League, MLS, La Liga, Bundesliga, dan Serie A.

Mengutip Engadget, Sabtu (23/7/2022), untuk judul berikutnya, EA akan meluncurkan game sepak bola mereka dengan nama EA Sports FC.

Di FIFA 23, EA bakal membuat sepak bola wanita menjadi bagian yang penting dalam game. Hal ini seperti terlihat dalam trailer yang baru saja dirilis oleh perusahaan. Bintang sepak bola wanita Chelsea, Sam Kerr, juga mejeng sebagai cover dari FIFA 23.

Sepak bola wanita di FIFA 23 sendiri akan mencakup tim klub wanita dari liga teratas di Inggris dan Prancis, serta kompetisi pria dan wanita di Piala Dunia Qatar 2022 dan Piala Dunia Australia/Selandia Baru 2023.

Fitur berupa tim sepak bola wanita internasional memang sudah ada di game FIFA sejak 2016, namun FIFA 23 akan jadi edisi pertama dengan tim klub. EA juga berencana akan menambahkan lebih banyak pembaruan di masa mendatang.

“Kami berkomitmen untuk membangun pengalaman yang adil dan bercita-cita untuk membantu mengembangkan sepak bola wanita,” kata Matt Lafreniere dari FIFA 23.

FIFA 23 juga menggunakan teknologi HyperMotion2. Fitur ini menerapkan pembelajaran mesin pada data pengambilan gerakan, untuk membuat gerakan pemain jadi lebih halus dalam permainan.

Selain itu, FIFA 23 juga akan mendukung fitur cross-play untuk platform yang berbeda namun masih di satu generasi yang sama. Pemain di PlayStation 5, Xbox Series X/S, Stadia, dan PC akan bisa bermain antar platform.

Sementara, FIFA 23 untuk versi PlayStation 4 akan bisa dimainkan secara cross-play dengan Xbox One, dimana versi ini tidak akan mendukung teknologi HyperMotion.

Berdasarkan informasi di laman resminya, FIFA 23 Ultimate Edition, EA Play Early Access Trial, dan EA Play Pro Ultimate Edition Access (PC), akan dirilis pada 27 September 2022.

Untuk FIFA 23 Standard Edition, akan dirilis pada tanggal 30 September 2022. FIFA 23 bakal tersedia untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox Series X/S, Xbox One, PC, dan Stadia. Untuk versi Switch akan dirilis dalam versi Legacy Edition.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Advertisement