Subsidi Upah Tahap 2 Segera Cair, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

Subsidi Upah Tahap 2 Segera Cair, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

Published September 22, 2022
Views 54

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi upah atau BSU tahap 2 segera cair dalam waktu dekat. Simak cara cek BSU Rp600.000 lewat ponsel pintar.

Ida mengatakan telah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 2.406.915 untuk subsidi gaji atau BSU tahap 2. Seperti pada tahap 1, dia telah padankan data penerima BSU subsidi gaji adengan data penerima program yang lain dan kami padankan juga apakah mereka PNS atau TNI-Polri. 

“Setelah itu, seperti biasa pada minggu depan [minggu ini], setelah selesai verifikasi, validasi, maka tahap kedua akan kami salurkan,” ujar Ida dalam konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo dan Mensos Tri Rismaharini di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 16 September 2022. 

Ida mengatakan proses tersebut dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh pekerja/buruh. 

Menurut dia, pekerja atau buruh yang berhak menerima BSU ini harus memenuhi ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022. 

Baca Juga :  3 Cara Cek Apakah Kita Penerima BSU Tahap 2, Bisa Lewat HP

“Data awal pekerja dengan upah Rp3,5 juta itu ada 16 juta [pekerja]. Kemudian setelah kami lakukan pemadanan, estimasinya sebesar 14.639.675 pekerja. Pekerja mendapatkan subsidi upah sebesar Rp600.000 yang dibayar sekaligus,” imbuhnya. 

Dana BSU Rp600.000 tahap 2 akan ditransfer langsung kepada penerima yang memiliki rekening Bank Himbara, yaitu BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri. Selain itu, BSU juga akan ditransfer kepada pemilik rekening Bank Syariah Indonesia (BSI). 

Bagi Anda yang ingin tahu dapat subsidi gaji atau tidak, Anda bisa mengecek nama calon penerima BSU Rp600.000 tahap 2 dengan mudah melalui handphone (HP). 

Pengecekan BSU Rp600.000 hanya bisa dilakukan di situs resmi Kemnaker bsu.kemnaker.go.id. Selain itu, dipastikan hoaks atau situs jebakan. 

BPJamsostek telah membayarkan manfaat seluruh program senilai Rp 503 milyar di Provinsi Kalimantan Barat selama setahun terakhir.

Ada banyak tipe PHK menurut aturan. Berikut 4 di antaranya, apa bedanya PHK inisiatif pengusaha dan pekerja?

Shopee PHK karyawan sebanyak 3 persen dari jumlah total perusahaan itu. Apa hak pekerja terdampak PHK?

Baca Juga :  Cara Mencairkan BLT atau BSU Tahap 2 di Kantor Pos, Bawa Berkas Ini

Pemerintah sebelumnya telah menyalurkan bantuan subsidi upah 2022. Data penerima BSU diambil dari BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut cara cek penerima BSU Gaji Rp 600 ribu beserta syarat dan cara daftar BSU bagi pekerja dengan gaji Rp 3,5 juta per bulan.

Menaker Ida Fauziyah menanggapi keluhan para pekerja yang gagal mendapat bantuan subsidi upah (BSU) tahap pertama.

Kemnaker mengupayakan proses pemadanan data calon penerima BSU tahap kedua segera selesai agar dan bisa dicairkann pekan ini.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pihaknya telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap pertama kepada para pekerja.

Di samping manfaat yang dirasakan oleh berbagai pihak, ada pula banjir kritik yang diberikan oleh berbagai pengamat atau ekonom terhadap BLT BBM ini.

Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan ada lebih dari 4 juta buruh atau pekerja yang telah menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap pertama.