Hasnaeni Moein Siapa? Sosok 'Wanita Emas' yang Jadi Tersangka Kejagung

Hasnaeni Moein Siapa? Sosok 'Wanita Emas' yang Jadi Tersangka Kejagung

Published September 23, 2022
Views 61

Hasnaeni Moein siapa? Diberitakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) menahan Hasnaeni Moein tersangka kasus korupsi dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2022. Hasnaeni Moein adalah Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical.

Simak informasi terkait Hasnaeni Moein ‘wanita emas’ tersangka kasus korupsi, berikut ini.

Hasnaeni Moein atau biasa dikenal dengan sebutan ‘wanita emas’ ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung. Hasnaeni Moein ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus jual beli proyek dengan PT Waskita Beton Precast.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam perkara tersebut, Kejaksaan Agung (Kejagung) sebelumnya menetapkan empat orang tersangka. Kini, Kejagung menambah dua tersangka lagi, yakni berinisial HJ dan H alias Hasnaeni. Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein adalah Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical (MMM).

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi, mengungkapkan bahwa Hasnaeni menawarkan pekerjaan ke PT Waskita Beton Precast (WBP) dengan syarat PT WBP membayarnya.

Kejagung mengatakan bahwa uang dari PT WBP yang telah ditransfer ke rekening PT MMM tersebut yang semulanya diperuntukan membayar setoran modal ke konsorsium PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak akan tetapi ternyata uang tersebut malah digunakan secara pribadi oleh Tersangka Hasnaeni.

Baca Juga :  Profil Partai Republik Satu Pimpinan 'Wanita Emas' yang Jadi Tersangka Korupsi

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kemudian merinci peran Hasnaeni Moein ‘wanita emas’ dalam kasus korupsi penyimpangan atau penyelewengan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020. Berikut ini peran Hasnaeni dalam kasus tersebut:

Menjanjikan pekerjaan di proyek tol Semarang-Demak dan bersama-sama AW menandatangani Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor : 003/M3-SPK/XII/2019 tanggal 18 Desember 2019, namun tidak dapat dilaksanakan;Memerintahkan staf untuk membuat dokumen penagihan fiktif atas material batu split yang tidak pernah dikirimkan ke BP Lalang & BP Tebing Tinggi;Menerima aliran uang dari PT Waskita Beton Precast, Tbk atas kontrak pengadaan fiktif material batu split sebesar Rp. 16.844.363.402,-

Kejagung juga menyebutkan bahwa negara telah merugi atas perbuatan Hasnaeni. Kejagung mengungkapkan total kerugian negara atas kasus tersebut sebesar Rp 2,5 triliun.

Hasnaeni dijerat melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca Juga :  Drama Jemput Paksa Hasnaeni 'Wanita Emas' yang Kini Tersangka

Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein yang dikenal sebagai ‘wanita emas’ ternyata dulunya pernah dikenal sebagai artis. Hasnaeni Moein sempat membintangi sinetron Jin dan Jun dan Saras 008. Kala itu ia lebih dikenal dengan panggilan Mischa S Moein.

Seperti dilansir detikHot, nama Moein sendiri diambil dari nama belakang ayahnya, mantan anggota DPR yang pernah heboh karena terseret kasus foto syur. Selain pernah membintangi sinetron/film, Hasnaeni Moein juga memiliki production house.

Setelah tidak lagi aktif di dunia artis, Hasnaeni Moein terjun ke ranah bisnis. Dirinya kala itu pernah mengaku lebih enak menjadi pengusaha daripada artis. Dunia keartisan ditinggalkannya karena harus banting tulang, bekerja dari pagi hingga malam, padahal penghasilannya tidak seberapa.

Sebelum terjerat kasus korupsi, Hasnaeni Moein ‘wanita emas’ sudah kerap menuai kontroversi. Dirangkum detikcom, Kamis (22/9) berikut ini deretan kontroversinya.

Demikian informasi untuk menjawab pertanyaan Hasnaeni Moein siapa? Hasnaeni Moein kini ditangkap Kejagung dan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana PT Waskita Beton Precast.

Simak Video ‘Hasnaeni ‘Wanita Emas’ Tersangka Korupsi Ternyata Dulunya Artis’:

[Gambas:Video 20detik]